FAQ

Registrasi Akun

Setelah pelanggan melakukan registrasi akun, Admin akan melakukan approval terlebih dahulu paling lama 1 hari. Kemudian Admin akan menghubungi pelanggan bahwa akun sudah aktif dan dapat digunakan.

Dokumen yang dibutuhkan:
1. File NPWP
2. File SIUP
3. File Sertifikat Sistem Manajemen Mutu/CIQS 2000

Jika perusahaan ingin uji TA, sama dengan ketentuan di atas, ditambah data;
1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
2. Pelanggan ID (PLG_ID) dari SDPPI
3. Jika perusahaan belum memiliki Sertifikat Manajemen Mutu (Contoh Sertifikat ISO), harus melampirkan Sertifikat Manajemen Mutu pabrikan dan Principal Letter

Tidak perlu. Karena alamat yang dicantumkan di data perusahaan adalah alamat yang tertera pada NPWP.

1. Pelanggan login ke Website TelkomTestHouse
2. Pada Profil Pelanggan pilih menu Company
3. Pelanggan mengisi dan atau mengupload data terbaru
4. Pelanggan menunggu Admin untuk verifikasi data maksimal 1x 24 jam
5. Admin verifikasi data
6. Data perusahaan akan berubah

Sertifikat SNI tidak dapat digunakan menggantikan dokumen sertifikat manajemen mutu perusahaan. Karena SNI mengeluarkan sertifikat untuk produk yang dihasilkan, bukan untuk sistem manajemen perusahaan. 

STEL dan Pengujian Perangkat

1. Pelanggan mengirimkan bukti pembelian STEL berupa bukti pembayaran dan atau cover depan dokumen STEL dengan watermark nama perusahaan.
2. Admin akan memverifikasi bukti pembelian STEL. 
3. Apabila bukti pembelian STEL lulus verifikasi, Admin akan memproses penambahan STEL ke dalam akun perusahaan.

1. Jika tanggal pembelian STEL kurang dari 1 tahun tanggal penerbitan STEL terbaru maka pelanggan akan mendapatkan STEL terbaru secara gratis.
2. Jika melebihi 1 tahun pelanggan harus membeli kembali.

PEMBELIAN STEL

1. Dapat dilakukan pada menu STEL -> Beli STEL
2. Langkah-langkah pembelian STEL dapat diakses pada link: 
bit.ly/PembelianDokumenSTEL

PENDAFTARAN PENGUJIAN

1. Dapat dilakukan pada menu Proses -> Memilih pengujian yang diinginkan (QA, TA, VT)
2. Langkah-langkah pendaftaran pengujian QA dapat diakses pada link: bit.ly/DaftarPengujianQA
3. Langkah-langkah pendaftaran pengujian TA dapat diakses pada link: bit.ly/DaftarPengujiaTA
4. Langkah-langkah pendaftaran pengujian VT dapat diakses pada link: bit.ly/DaftarPengujianVT
1. Dapat dilakukan sebelum pendaftaran pengujian perangkat disetujui oleh admin pada menu Pengujian -> Status Pengujian -> Ubah/Edit
2. Jika pada button status pengujian sudah berada pada uji fungsi, maka pelanggan harus menghubungi Admin untuk mengubah status pengujian pada registrasi dan pelanggan dapat melakukan proses diatas
3. Jika button status pengujian sudah lewat dari uji fungsi, maka pelanggan harus menghubungi Admin dan mengirimkan surat permohonan penggantian referensi uji. Jika permohonan diterima, Admin akan mengubah refrensi uji. Jika ditolak, proses pengujian perangkat dapat dihentikan, dan pelanggan mengulang dari awal kembali.

Dokumen STEL dapat didownload pada menu STEL -> Pilih STEL -> Rincian

Untuk mengetahui STEL yang digunakan, pelangga dapat mengunjungi link STEL dapat disesuaikan dengan perangkat yang akan diuji, untuk daftar STEL dapat dilihat pada link berikut: bit.ly/DaftarSTELAkiff

Quality Assurance (QA) merupakan pengujian perangkat telekomunikasi dengan menggunakan referensi Spesifikasi Telekomunikasi (STEL). Perangkat yang lulus uji akan mendapatkan sertifikat QA.
Type Approval (TA) merupakan pengujian yang menggunakan referensi sesuai yang dipersyaratkan oleh SDPPI Kominfo. Rekapitulasi Hasil Uji TA akan digunakan untuk pengajuan sertifikasi ke SDPPI Kominfo.
Voluntary Test (VT) merupakan pengujian berdasarkan permintaan dari internal Telkom Group.

Referensi uji adalah standar acuan yang digunakan untuk menguji perangkat telekomunikasi.

BIAYA PENGUJIAN

1. Dapat dilihat pada menu Pengujian -> Tarif
2. Pelanggan dapat melihat biaya yang diperlukan untuk setiap pengujian berdasarkan perangkat yang ingin diujikan serta pengujian yang ingin dilakukan.
3. Biaya pengujian dikenakan untuk satu kali uji per tipe perangkat

 

BIAYA DOKUMEN STEL

1. Dapat dilihat pada menu STEL -> Refrensi -> STEL
2. Pelanggan dapat mengecek biaya dokumen STEL sesuai dengan dokumen yang dibeli untuk dijadikan refrensi uji
Uji Fungsi

Dapat dilakukan pada menu Pengujian -> Status Pengujian -> Pilih No. Registrasi -> Uji Fungsi -> Input Tanggal. Untuk mengetahui balasan tanggal Uji Fungsi (UF) yang diusulkan, pelanggan dapat melakukan pengecekan notifikasi melalui website TTH.

1. Jika pelanggan sudah input tanggal UF dan Test Engineer blm membalas, pelanggan dapat mengubah tanggal UF pada menu Pengujian -> Status Pengujian -> pilih No Registrasi -> pilih Uji Fungsi -> ubah tgl nya
2. Jika Test Engineer sudah setuju dengan tanggal UF, pelanggan wajib memberikan konfirmasi dan alasan perlu mengubah tanggal UF. Selanjutnya, Admin akan berkordinasi dengan Test Engineer untuk mengupayakan perubahan tanggal UF.

Pelanggan dapat mengunjungi menu Pengujian -> Status Pengujian -> pilih Rincian dari pendaftaran pengujian yang dilakukan Uji Fungsi -> klik Laporan Uji Fungsi.

Setelah input tanggal UF, pelanggan menunggu balasan dari Test Engineer terlebih dulu. Terdapat 3 jenis balasan yang diberikan oleh Test Engineer, antara lain:
1. Test Engineer menyetujui tanggal yang diajukan pelanggan. Pelanggan diwajibkan untuk datang pada tanggal tersebut dengan membawa sampel uji dan perlengkapan yang dibutuhkan.
2. Test Engineer menolak tanggal yang diajukan pelanggan. Pelanggan harus mengajukan kembali tanggal UF.
3. Setelah pelanggan mengajukan tanggal UF pada langkah 2, Test Engineer dapat menyetujui atau mengajukan tanggal lain yang otomatis menjadi tanggal UF dilakukan.

1. Jika baru satu kali hasil UF tidak memenuhi, maka pelanggan dapat mengajukan kembali UF seperti biasa.
2. Jika sudah dua kali hasil UF tidak memenuhi maka pelanggan harus menunggu 2 bulan untuk mengajukan kembali pendaftaran ulang pengujian perangkat tersebut.

1. Pelanggan datang pada tanggal yang telah disepakati
2. Pelanggan sudah mempelajari ketentuan perangkat uji dengan STEL atau refrensi yang digunakan
3. Menyertakan Test Engineer (TE) atau perwakilan yang paham mengenai perangkat uji
4. Membawa dua buah sampel perangkat uji atau sesuai ketentuan dengan merek dan kapasitas yang sama
5. Membawa Data Sheet sesuai perangkat uji

Invoice dan Pembayaran

Dapat dilihat pada menu Pengujian -> Status Pengujian -> pilih Rincian

Masa berlaku SPB adalah 14 (empat belas) hari sejak tanggal terbit SPB.

Saat ini pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan Virtual Account dari Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank Permata, Bank CIMB, Bank Maybank, Bank Danamon

Virtual Account dapat diperoleh pada website TTH dengan dua cara berikut ini.

Melalui website:
1. Pilih "Pengujian", kemudian pilih "Status Pengujian"
2. Pada pengujian yang ingin dibayarkan pilih "Proses Pembayaran"
3. Pada halaman Konfirmasi Pembayaran, pilih VA Bank yang ingin digunakan
4. Klik "Konfirmasi Pembayaran" untuk mendapatkan nomor VA
5. Nomor VA sudah tersedia. Panduan pembayan VA akan dikirimkan melalui email user yang terdaftar di TTH.

Melalui link yang ada di e-mail:
1. Klik link pada email pemberitahuan penerbitan SPB
2. Pada halaman Konfirmasi Pembayaran, pilih VA Bank yang ingin digunakan
3. Klik "Konfirmasi Pembayaran" untuk mendapatkan nomor VA
4. Nomor VA sudah tersedia. Panduan pembayan VA akan dikirimkan melalui email user yang terdaftar di TTH.

Pembayaran virtual account dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
 
• Bank Mandiri: bit.ly/PembayaranBankMandiri
• Bank BRI: bit.ly/PembayaranBankBRI
• Bank BNI: bit.ly/PembayaranBankBNI
• Bank Permata: bit.ly/PembayaranBankPermata
• Bank CIMB Niaga: bit.ly/PembayaranBankCIMBNiaga
• Bank Maybank: bit.ly/PembayaranBankMaybank
• Bank Danamon: bit.ly/PembayaraBankDanamon

Pelanggan tetap dapat melakukan pembayaran dengan memilih salah satu VA Bank yang tersedia dan dapat melakukan pembayan melalui teller bank terpilih. Pelanggan diwajibkan untuk melakukan pembayaran VA sesuai dengan Bank yang dipilih agar transaksi tidak ditolak.

Untuk saat ini, invoice dan e-faktur secara otomatis sudah tersedia di website TTH maksimal H+7 dari tanggal pembayaran. 
1. Untuk STEL, dapat mengunjungi STEL -> Riwayat Pembelian -> pilih Rincian dari STEL yang dibeli.
2. Untuk Pengujian, dapat mengunjungi Pengujian -> Status Pengujian -> pilih Rincian dari pengujian yang dibayar.

SPK

Nomor SPK dapat dilihat pada bagian Detail Pengujian ketika status pembayaran pelanggan sudah berubah menjadi hijau. Dapat dilihat pada Website Telkom Test House pada menu Pengujian -> Status Pengujian -> Rincian

Pelanggan dapat menghubungi Customer Service TTH pada nomor (+62) 812-2483-7500 untuk mengetahui progress pengujian. Apabila pengujian telah selesai maka Customer Service TTH akan menghubungi pelanggan

Kapabilitas TTH
1. Pengujian perangkat telekomunikasi (QA, TA, dan VT)
2. Penjualan STEL

Telkom Test House sudah mendapatkan akreditasi sebagai lab pengujian dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) mengacu pada ISO/IEC 17025:2017. Telkom Test House sudah ditetapkan sebagai Balai Uji Dalam Negeri oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI).

Pengujian yang terakreditasi KAN dapat dilihat pada link berikut: bit.ly/AkreditasiKAN

Karena alat ukur yang digunakan serta keseluruhan environtment tidak memenuhi Akreditasi minimum dari KAN, yaitu sebesar 60%

Telkom Test House belum melayani kalibrasi alat ukur dari eksternal.

Pengambilan Laporan dan Sertifikat

Pelanggan harus menjadwalkan waktu pengambilan melalui Customer Service TTH. Pelanggan harus menyiapkan surat Rapid Test yang masih berlaku pada hari pengambilan. Pada hari pengambilan pelanggan mengambil sampel uji perangkat terlebih dahulu untuk mendapatkan Bukti Penerimaan dan Pengeluaran Perangkat Uji (BPPPU) bagi yang melakukan uji di lab.

Pelanggan hanya perlu membawa Bukti Penerimaan dan Pengeluaran Perangkat Uji (BPPPU) bagi yang melakukan uji di lab dan menghubungi resepsionis di Gedung Digital Business untuk pengambilan RHU, LHU dan sertifikat.

Pengambilan RHU, LHU dan sertifikat tidak dapat dikirimkan melalui ekspedisi karena dibutuhkannya tanda terima sebagai bukti pengambilan.

Softfile Tanda Terima Hasil Pengujian, RHU, LHU, dan sertifikat dapat dilihat di Website Telkom Test House pada menu Pengujian -> Status Pengujian -> Rincian

Terdapat 2 kasus pada proses pengambilan RHU, LHU, dan sertifikat, antara lain:
1.Apabila terdapat data yang salah pada saat pengambilan RHU, LHU, dan sertifikat.
Pelanggan dapat langsung mengajukan pengaduan mengenai perbaikan pada RHU, LHU maupun sertifikat secara langsung pada saat pengambilan pelaporan, kemudian Customer Service akan menghubungi kembali jika perbaikan pada RHU, LHU atau sertifikat telah selesai dilakukan perbaikan.
2.Apabila terdapat data yang salah pada RHU, LHU, dan sertifikat yang sudah diambil.
Pelanggan dapat menghubungi Customer Service untuk membuat permohonan perbaikan dengan menjelaskan perubahan yang ingin dilakukan, kemudian pelanggan akan dihubungi kembali jika perbaikan pada RHU, LHU maupun sertifikat telah selesai dilakukan.

Masa berlaku dari sertifikat QA selama 3 tahun dan dapat diperpanjang apabila dibutuhkan. Pelanggan harus memperbaharui sertifikat QA dengan mengajukan kembali uji QA perangkat tersebut.

Karena masih adanya persyaratan yang masih dikembangkan dan akan ditinjau kembali selama periode waktu yang tertera pada sertifikat. Hal ini juga sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Internal Telkom.